Selamat Datang di Website Guru PAI

BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Oleh: Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I

Para ahli jiwa berpendapat bahwa, tindakan seseorang dikendalikan oleh kepribadiannya. Kepribadian seseorang terbentuk dari pengalaman-pengalaman hidup yang telah dilaluinya, mulai dari kandungan pun seseorang telah menerima berbagai pengaruh terhadap kelakuan dan kesehatan mental. Untuk membentuk kepribadian manusia yang berakhlak baik dan sesuai dengan ajaran Islam, maka perlu adanya bimbingan dan pengajaran serta penanaman nilai-nilai agama Islam dan pembiasaan-pembiasaan yang baik sejak lahir. Karena, kepribadian merupakan kebiasaan yang mendapatkan keterampilan-keterampilan gerak dan kemampuan untuk meggunakannya secara sadar.
Islam adalah agama yang sangat menganjurkan setiap orang untuk mengadakan bimbingan dan pengajaran kepada orang lain terutama generasi muda. Dengan berlandasankan Alquran dam sunnah Rasul, ajaran Islam akan mengarahkan dan  membimbing manusia ke jalan yang lurus dan diridhai untuk membentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Rasulullah Saw dalam suatu hadits menegaskan bahwa, sesungguhnya (beliau) diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Karena itu, salah satu tugas nabi dan Rasul diutus oleh Allah adalah untuk membimbing dan mengarahkan manusia kearah kebaikan yang hakiki dan juga merupakan sebagai seorang figur konselor yang sangat ahli dalam memecahkan berbagai permasalahan yang berkaitan dnegan jiwa manusia agar manusia terhindar dari segala sifat-sifat yang negatif dan memiliki sifat-sifat yang mulia.
Bimbingan dapat diartikan sebagai: menunjuk atau membantu, sedangkan bimbingan menurut Dr. Moh Surya, merupakan suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada  yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri, penerimaan diri, pengerahan diri dan perwujudan diri dalam mencapai perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan. Sedangkan konseling diartikan sebagai: nasehat, anjuran dan ajaran. Dengan demikian konseling dapat diartikan sebagai pemberian nasehat, pemberian anjuran dan pembicaraan dengan cara bertukar pikiran. Karena itu, dapat difahami bahwa dalam prakteknya bimbingan dan konseling saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan merupakan suatu kegiatan integral.
Dalam pendidikan Islam, bimbingan dan konseling merupakan suatu aktifitas pemberian bimbingan, pengajaran, dan pedoman kepada siswa, untuk dapat mengembangkan potensi akal pikiran, kejiwaan, keimanan dan keyakinannya serta dapat menangani dan mencari solusi dari segala macam masalah yang dihadapi, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dengan berpedoman kepada ajaran yang terdapat dalam Alquran dan sunah nabi. Bimbingan dan konseling dalam pendidikan Islam pada hakikatnya bertujuan untuk membantu setiap individu, dalam mencegah dan timbulnya masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan belajar, membantu individu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan belajar, dan membantu individu memelihara situasi dan kondisi kegiatan belajar agar tetap baik dan mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.
Karena itu, Sebagai manusia, kita diharapkan dapat saling memberikan bimbingan sesuai dengan kapasitasnya, sekaligus memberikan konseling agar tetap berjalan sesuai dengan tujuan penciptaan manusia, yaitu beribadah kepada Allah. Dengan pendekatan Islami, maka pelaksanaan konseling akan mengarahkan kearah kebenaran dan juga dapat mebimbing dan mengarahkan hati, akal dan nafsu manusia untuk menuju kepribadian yang berkhlak mulia yang didasari oleh nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini perlu diperhatikan oleh seorang pendidik terutama seorang yang tugasnya sebagai seorang guru untuk menunjang kesuksesan pendidikan disekolah. Hal ini diperlukan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh siswa serta mengarahkannya untuk terbentuknya menjadi insan kamil yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia. || Penulis Dosen FAI UMSU. (telah terbit di harian medan pos, 2015).


Share this post :

Welcome

SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU PAI ||SEBAIK-BAIK KAMU ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (HADITS NABI) || GURU YANG BAIK ADALAH GURU YANG DAPAT DI GUGU DAN DITIRU.
 
Copyright © 2015. Hasrian Rudi Setiawan - All Rights Reserved