Selamat Datang di Website Guru PAI

MEMAHAMI KEPRIBADIAN SISWA DALAM MENDIDIK

MEMAHAMI KEPRIBADIAN SISWA DALAM MENDIDIK
Oleh: Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I

Di lingkungan sekolah guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowlage) ke peserta didik, guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik bagi anak didiknya (transfer of values). Karena itu, tampil menjadi guru yang baik, memang tidak cukup hanya mengandalkan penguasaan atas materi atau ilmu yang akan diajarkan. Sebab, dalam konteks pembelajaran, materi dan bahan pelajaran hanya merupakan perangsang tindakan guru dalam memberikan dorongan belajar yang diarahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Karena itu, seorang guru harus membekali diri dengan sejumlah pengetahuan dan keterampilan lain yang sangat diperlukan dalam keberhasilan pelaksanaan tugasnya. Hal ini sangat penting bagi guru, karena guru dalam menjalankan tugasnya tidak berhadapan dengan benda mati ataupun robot, namun berhadapan dengan manusia yang disebut dengan siswa. siswa yang dihadapi oleh guru tersebut adalah individu-individu yang berbeda satu dengan yang lainnya. Mereka hadir dan berkumpul di ruang kelas dari berbagai latar belakang, baik sosial, kultural, strata ekonomi yang berbeda. Mereka juga datang dengan membawa corak kepribadian, karakteristik, tingkah laku, minat, bakat, kecerdasan dan berbagai tingkat perkembangan lainnya yang berbeda-beda pula. Karena itu seorang siswa harus mengetahui kepribadian siswa. Kepribadian adalah tingkah laku khas dan sifat seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Kepribadian dapat juga diartikan beberapa ciri watak yang diperlihatkan seseorang secara lahir, konsisten, dan konsekuen dalam bertingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.
Untuk dapat menghadapi dan membelajarkan siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda, corak kepribadian, dan tingkat perkembangan yang beragam tersebut, maka guru hendaknya mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik, motivasinya, latar belakang akademis, sosial, ekonominya dan sebagainya. Kesiapan guru mengenal kepribadian peserta didik dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator dan akan mendorong suksesnya pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan.
Mengenal kepribadian siswa tersebut merupakan keharusan bagi guru atau pendidik. Karena itu, guru untuk mengenali kepribadian siswa harus menguasai dan mendalami berbagai macam disiplin ilmu tertentu yang dapat mempermudah guru dalam memahami kepribadian siswanya, seperti ilmu psikologi perkembangan peserta didik, yang merupakan satu disiplin ilmu yang secara khusus membahas tentang aspek-aspek atau kepribadian perkembangan peserta didik. Dengan bekal pengetahuan tentang berbagai aspek perkembangan peserta didik ini, diharapkan guru dapat merancang dan melaksanakan program pembelajaran yang sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik yang dihadapinya. Pengetahuan tentang psikologi perkembangan peserta didik juga memungkinkan guru untuk memahami apa yang diminati, dibutuhkan oleh peserta didik, serta dapat memberikan pelayanan yang bersifat individual bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.

Kemudian, guru dalam mengajarkan materi pelajaran kepada siswanya diharapkan menggunakan metode dan media pelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini penting unuk diperhatikan, karena siswa memiliki tingkat penguasaan materi yang berbeda, seperti ada siswa yang cepat dalam menangkap informasi pelajaran, namun ada pula yang lambat dalam menagkap informasi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu pula siswa juga memiliki gaja belajar yang berbeda pula, ada siswa yang memiliki gaya belajar audio, adapula siswa yang memiliki gaya belajar visual dan adapula siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Karena itu, hendaknya seorang guru diharapkan harus cermat dalam memperhatikan kepribadian dan gaya blajar siswa-siswanya serta dalam mengajar hendaklah seorang guru menggunakan strategi, metode dan media yang tepat dengan materi yang diajarkan agar kopetensi yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang direncanakan. || Penulis Dosen FAI UMSU. (telah terbit di harian medan pos, 2015).
Share this post :

Welcome

SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU PAI ||SEBAIK-BAIK KAMU ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (HADITS NABI) || GURU YANG BAIK ADALAH GURU YANG DAPAT DI GUGU DAN DITIRU.
 
Copyright © 2015. Hasrian Rudi Setiawan - All Rights Reserved