Selamat Datang di Website Guru PAI

BERDAKWAH DI ZAMAN MULTIMEDIA

BERDAKWAH DI ZAMAN MULTIMEDIA
Oleh: Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I
(Dosen Fakultas Agama Islam UMSU)

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Berdakwah untuk menyampaikan ajaran Allah dan rasulnya merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim, apalagi mengajak orang untuk melakukan perbuatan yang makruf (baik) dan mencegah orang berbuat kemungkaran (buruk). Sebab orang yang mengajak kepada suatu kebaikan dan mencegah dari kemungkaran maka Allah menjanjikan akan diberi ganjaran pahala seperti orang yang melaksanakanya. Hal ini sebagaiman hadits Rasulullah Saw, yang artinya: “Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya” (HR. Muslim).
Berdakwah dapat dilakukan dengan banyak cara baik dengan lisan, perbuatan, tulisan maupun dapat dilakukan dengan menggunakan failitas media, seperti TV, Radio, maupun dengan menggunakan fasilitas Internet. Dakwah dengan menggunakan fasilitas internet atau dakwah multimedia adalah terobosan baru bagi setiap orang untuk dapat menyampaikan materi dakwahnya sesuai dengan kebutuhan ummat dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak 14 abad yang lalu media dakwah selalu mengalami perubahan dari masa-kemasa sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada mulanya berdakwah dilakukan dengan menggunakan suara atau perbuatan secara langsung. setelah ditemukan kertas, kegiatan dakwah mulai mengalami kemajuan yaitu dakwah dilakukan dengan menggunakan tulisan dan saat ini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penyampaian dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan media elektronik dan digital.
            Di zaman multimedia seperti saat ini, dimana orang selain disibukkan dengan berbagai aktifitas keseharian, mereka juga lebih senang memainkan handphonenya dibandingkan untuk datang mengikuti pengajian dan mendengarkan ceramah agama. Karena itulah, seorang da’i harus dapat menyampaikan dakwahnya melalui media elektronik dan digital. Hal ini karena, berdakwah di era modern ini diperlukan sebuah metode dakwah yang sesuai dengan era perkembangan informasi yang serba digital. Sebab jika tidak, maka meteri dakwah yang disampaikan kurang maksimal dapat tersampaikan kepada sasaran yang kita inginkan. Karena itu, tidak ada alasan bagi para da’i untuk tidak menyampaikan materi dakwahnya melalui media elektronik dan digital.
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, umat Islam harus dapat mengambil manfaat terutama dalam menyebarkan dakwah Islam, baik melalui media TV, radio, facebook, website, youtube dan lain sebagainya. Dalam berdakwah hari ini, perlu menggunakan kaedah yang terkini, sistematik dan teratur bagi tujuan menjalankan usaha dakwahnya.  Namun yang perlu diperhatikan, dalam usaha berdakwah melalui media elektronik dan digital adalah penguasaan terhadap ilmu dalam bidang teknologi oleh para da’i. sebab tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang ingin menyebarkan pesan-pesan dakwahnya melalui media elektronik dan digital harus menguasai terlebih dahulu cara menggunakanya. Jika mereka tidak mahir dalam menggunakannya maka masalah yang akan timbul adalah tidak tersampaikanya materi dakwah tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
Dalam berdakwah, dengan media apapun itu hendaknya disampaikan dengan cara yang baik, dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Sebab dalam mengajak orang melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran Islam mengajarkan untuk bersikap lemah lembut dan melarang seseorang dalam berdakwah dengan cara kasar apalagi bersikap anarkis. Hal ini sebagaimana firman Allah, yang artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.…”(QS. An-Nahl: 125). Kemudian dalam firman Allah yang lain juga disebutkan, yang artinya:Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. (QS. Ali Imron: 159). ||Penulis Dosen FAI UMSU. (tebit diharian Orbit, 2016).

           






Share this post :

Welcome

SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU PAI ||SEBAIK-BAIK KAMU ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (HADITS NABI) || GURU YANG BAIK ADALAH GURU YANG DAPAT DI GUGU DAN DITIRU.
 
Copyright © 2015. Hasrian Rudi Setiawan - All Rights Reserved