Selamat Datang di Website Guru PAI

Mengurutkan Data dan Mengatur Format Halaman Sebelum Mencetak Dengan Program Ms. Excel

 Mengurutkan Data dan Mengatur Format Halaman Sebelum Mencetak 

Dengan Program Ms. Excel


a.    Mengurutkan Data

Pada Microsoft Office Excel di dalamnya terdapat fasilitas untuk mengurutkan data dengan cepat. Adapun langkah-langkah untuk mengurutkan data dapat dilakukan dengan cara, diantaranya adalah:

Ø  Blok cell yang akan diurutkan datanya. Misalnya dapat dilihat pada gambar 2.51 di bawah ini.

Gambar 2.51: Data yang Diurutkan

Ø  Klik menu Home

Ø  Kemudian pilih Sort & Filter, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar 2.52.


Keterangan:


Jika anda memilih Sort Smallest to Largest artinya anda akan mengurutkan dari angka terkecil keterbesar dan jika memilih Sort Largest to Smallest itu berarti sebaliknya.

 

Ø  Setelah di pilih Sort Largest to Smallest, maka akan muncul kotak dialog Sort Warning. Seperti pada gambar 2.53.

Gambar 2.53: Kotak Dialog Sort Warning


Ø  Pilih Expand the selection

Ø  Kemudian klik Sort, maka akan menampilkan hasil data yang telah diurutkan berdasarkan yang diinginkan.  Hal ini berdasarkan gambar 2.54.

 

b.    Mencetak Dokumen

Mencetak dokumen pada Microsoft Office Excel sedikit berbeda dengan mencetak dokumen di Microsoft Office Word. Perbedaanya, terkadang ketika mencetak dokumen di Microsoft Excel tidak semua dokumen dapat tercetak secara utuh. Karena itu, dalam mencetak dokumen di Microsoft Excel perlu pengaturan agar dokumen yang dicetak akan sempurna. Adapun cara mudah dalam mencetak dokumen excel agar tercetak keseluruhan bagian adalah:

Ø Blok bagian cell yang akan dicetak.

Ø Kemudian klik menu Page Layout.

Ø Klik Icon Print Area, yang ada pada grup page setup.

Ø Kemudian pilih, Set Print Area. Maka akan muncul tanda garis putus-putus pada tabel itu, artinya adalah sebuah batas pada sebuah halaman yang akan dicetak.

Ø Jika dalam sebuah tabel terdapat garis putus-putus dibagian kolom artinya bagian tertentu tidak akan tercetak.

Ø Untuk membuat agar semua bagian tercetak adalah dengan memperkecil Scalenya pada menu page layout. Kemudian kecilkan Scalenya. Seperti pada gambar 2.55.

Ø Jika semuanya sudah dapat diatur dengan baik maka cetaklah dokumen dengan menekan tombol pada keyboard Ctrl+P atau klik File,

Ø Pilih Print.

Latihan

Buatlah tabel di bawah ini pada Ms. Excel, dengan ketentuan: 

1)    Buatlah tabel di atas dengan judul laporan penjualan ticket pesawat terbang tahun 2015.

2)    Untuk mencari tujuan, diperoleh dengan menggunakan fungsi Vlookup.

3)    Untuk mencari kapasitas, diperoleh dengan menggunakan fungsi IF. Dengan ketentuan, yaitu:

·         Jika tujuan Medan maka kapasitasnya 150 orang.

·         Jika tujuan Rantau Prapat maka kapasitasnya 140 orang.

·         Jika tujuan Tanjung Balai maka kapasitasnya 120 orang.

4)    Untuk mencari sisa tiket, diperoleh dengan cara kapasitas dikurang dengan jumlah terjual.

5)    Untuk mencari harga perunit, diperoleh dengan menggunakan fungsi Vlookup.

6)    Untuk mencari jumlah, diperoleh dengan jumlah terjual dikali harga perunit.

7)    Untuk mencari diskon digunakan fungsi IF. Dengan ketentuan yaitu:

·         Jika hari Sunday maka discountnya 5%.

·         Jika hari Saturday maka discount 2%.

·         Dan jika hari lain discounnya 10%.

   8)    Untuk mencari total penjualan yaitu dengan cara jumlah dikali dengan discount.

 


Tabel Kunci



Share this post :

Welcome

SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU PAI ||SEBAIK-BAIK KAMU ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN (HADITS NABI) || GURU YANG BAIK ADALAH GURU YANG DAPAT DI GUGU DAN DITIRU.
 
Copyright © 2015. Hasrian Rudi Setiawan - All Rights Reserved